6 Penyebab Pasangan Susah Rukun dengan Iparnya

Sama seperti hubungan kita dengan mertua, hubungan kita dengan saudara ipar juga sering dikonotasikan negatif oleh banyak orang. Bahkan selebriti dan public figure seperti Kate Middleton dan Meghan Markle tidak luput dari stereotipe bahwa saudara ipar seringkali tidak akur. Namun kira-kira apa saja sih penyebab seseorang susah rukun dengan kakak atau adik iparnya?

  1. Beda cara pandang, tapi tak ada yang mau mengalah
    Perbedaan karakter adalah hal yang amat wajar terjadi, bahkan dalam sebuah keluarga, apalagi dengan ipar. Namun hal ini tidak menjadi masalah besar jika kedua belah pihak sama-sama bersikap dewasa dengan memasang batasan dan sikap yang saling menghormati. Yang jadi masalah adalah ketika salah satu pihak, baik secara sadar maupun tidak, memaksakan cara pandang atau caranya melakukan sesuatu sehingga membuatnya terlihat sebagai ‘yang paling benar’.
  • Rasa cemburu
    Kalau Anda masih tinggal di rumah mertua bersama saudara suami yang juga sudah berkeluarga, kemungkinan munculnya kecemburuan sesama ipar lebih besar dibanding kalau sudah pisah rumah. Ada kalanya sikap orangtua yang terkesan ‘pilih kasih’ begitu terasa sehingga membuat kita cemburu dengan saudara ipar, meski mungkin hubungan kita dengannya baik-baik saja.
  • Sulit menerima
    Wajar saja jika sebagai manusia, kita merasa tak nyaman dengan perubahan baru yang tidak kita kehendaki. Baik itu sebagai istri yang menikahi pria dengan banyak saudara kandung (yang belum tentu cocok dengan kita), maupun seseorang yang kakak atau adiknya menikah dengan perempuan yang kita pandang ‘kurang layak’ untuk saudara yang kita sayangi. Selain menimbulkan cemburu, hal ini kalau tidak disikapi dengan dewasa juga bisa menimbulka perselisihan antar ipar lho.
  • Perlakuan berbeda dari keluarga
    Dalam wawancaranya dengan Oprah, Meghan Markle mengatakan bahwa Istana tidak berbuat apa-apa saat beredar isu bahwa ia membuat Kate Middleton menangis jelang pernikahannya dengan Pangeran Harry, meski mereka tahu yang terjadi adalah sebaliknya. Sikap keluarga pasangan yang ‘tidak adil’ seperti itu juga bisa membuat hubungan dengan ipar jadi renggang dan sulit akur.
  • Pasangan dianggap kurang penting
    Biasanya ini terjadi pada pasangan yang menikah dengan si bungsu, atau bukan anak pertama. Memang tidak selalu demikian, tetapi kakak ipar sulung yang biasa memegang kendali dalam keluarga, apalagi setelah orang tua pasangan memasuki usia lanjut, sering tanpa sadar mengesampingkan pendapat pasangan adiknya. Ini pula yang memicu perselisihan dengan ipar.
  • Ada batasan yang dilanggar
    Ada kalanya saudara ipar ‘melangkah terlalu jauh’ atau ‘di luar batas’ tanpa mereka sadari. Dalam benak mereka, suami kita adalah adik atau kakak mereka semata, tanpa ingat bahwa saat ini saudara mereka itu sudah punya ‘sambungan’ keluarga yaitu kita sebagai istrinya, yang juga berhak untuk didengar dan dihormati pendapatnya. Begitu juga sebaliknya; bisa jadi, kita sendiri kadang lupa bahwa suami juga punya saudara yang tak kita anggap penting.

Meski hubungan dengan saudara ipar identik dengan kesan permusuhan, sebenarnya tidak selamanya begitu kok. Ada juga kakak-adik ipar yang kompak selalu, bahkan seperti kakak-adik kandung saking akurnya. Kalau Anda termasuk yang mana nih?

Itulah tadi 6 Penyebab Pasangan Susah Rukun dengan Iparnya. Semoga bermanfaat.