5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan – Perceraian memang tidak mudah, namun seringkali perpisahan adalah opsi terbaik daripada tetap bersama. Kadang-kadang ada permasalahan yang tidak bisa lagi didamaikan di balik keputusan bercerai, tapi ada pula hal-hal yang sebetulnya masih bisa diperbaiki dan dicegah untuk menghindarkan pernikahan dari perceraian.


1. Tidak membicarakan masalah penting

Ketika muncul permasalahan dalam hubungan, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membahasnya sesegera mungkin. Namun, banyak pasangan memilih jalan yang lebih mudah dengan tidak membahas masalah itu. Apa alasannya? Biasanya karena alasan klasik mereka memilih pergi dari masalah. Sayangnya, itu justru akan membuat masalah tersebut tumbuh lebih besar. Ketika pertengkaran sudah terjadi, maka semuanya sudah terlalu terlambat.



2. Menyinggung masalah lama

Banyak dari kita yang tidak sadar melakukan itu. Ini adalah kebiasaan yang seharusnya dihindari. Ketika seseorang kerap menyinggung masalah lama ketika berinteraksi dengan pasangan, hal itu tak hanya mengganggu, namun juga memicu amarah. Jika kamu tidak bisa mengatasi masa lalu, bagaimana bisa merencanakan masa sekarang dan masa depan dengan baik?

3. Bicara di belakang pasangan

Banyak orang yang kemudian membicarakan pasangannya di belakang setelah pertengkaran terjadi. Misalnya nih, menghubungi teman atau keluarga untuk menangis dan meluapkan perasaan. Terkadang, tanpa disadari seseorang bisa bicara kejam tentang pasangannya pada orang lain, ketika pasangannya tidak ada di sekitarnya. Namun percayalah, seringkali kata-kata lebih tajam daripada senjata dan bisa merusak hubungan pernikahan.



4. Membandingkan pasangan dengan mantan

Meskipun kerap tak mengakuinya, namun banyak dari kita yang membandingkan pasangan saat ini dengan mantan pasangan lalu membuat catatan tentang perbedaan tersebut. Kebiasaan ini tidak hanya merintangi seseorang untuk mengapresiasi masa depan, tapi juga bisa merusak pernikahan.



5. Tidak menghormati ruang pribadi

Sebenarnya ada batasan tipis yang membatasi antara sikap perhatian dan obsesif. Setelah menikah, banyak orang mulai bertingkah seperti “pelindung“, terutama pria. Mereka kemudian mengawasi segala aktivitas pasangan dan tidak berpikir dua kali ketika mengecek ponsel atau email pasangan. Padahal, setiap orang seharusnya memiliki ruang privasi dan perilaku pasangan seperti itu bisa membuat frustrasi loh.

Nah itulah tadi 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan. Bagi anda yang ingin hubungannya awet dan harmonis selalu, anda bisa mengimbangi dengan usaha batin yaitu dengan mamanfaatkan sarana tasbih berkah dari seorang konsultan spiritual asmara Mbak Arista dengan menghubungi dinomor 081329058007.

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai ketemu diartikel selanjutnya.