5 Hal Penyebab Terhalangnya Rezeki Dalam Islam

5 Hal Penyebab Terhalangnya Rezeki Dalam Islam – Salah satu teka-teki dalam kehidupan yang tidak bisa ditebak oleh manusia adalah rezeki dari Allah. Rezeki menjadi sesuatu yang bisa dibilang, misterius. Bahkan matematika kita dan matematika Allah itu sangat berbeda. Matematika Allah itu sangat ajaib. Yang kadang tidak bisa ditangkap oleh logika kita.

Logika kita kadang tidak bisa menangkap Rezeki apa yang akan Allah kasih di hari ini dan hari kemudian. Setiap orang diberikan Rezeki dengan jalan yang beragam. Ada yang rezekinya lancar setiap hari dan setiap bulan. Ada pula yang rezekinya alot dan terhalang.

Dalam Islam, terhalangnya Rezeki bisa disebabkan karena banyak hal, Berikut ini adalah 5 hal yang menyebabkan terhalangnya rezeki.

1. Mencibir angin, hujan dan fenomena alam lain

Terhalangnya rezeki salah satunya bisa karena seseorang sangat mudah mencibir ciptaan Allah misalnya, hujan. Anda mengeluh kemudian mencibir hujan yang sebenarnya adalah rahmat dari Allah. Dibanding itu, anda bisa berdoa saat hujan. Karena mencibir ciptaan-Nya sama saja mencibir penciptanya.

2. Terlalu banyak tidur dan bersantai-santai

Allah tidak akan memberikan perubahan kebaikan kepada hamba-Nya, manakala hamba-Nya itu bersantai-santai. Kalau kita hanya pasrah dan tidak mau berusaha, tentu rezeki juga tidak akan datang. Beda halnya jika kita berusaha maksimal. Kalau anda pernah dengar, jangan tidur sampe siang, nanti rezekinya dipatok ayam.

Nah, kalimat tersebut ada benarnya. Kebanyakan orang yang malas malasan dan tidur sampe kesiangan maka rezekinya pun seret. Coba bandingkan dengan orang yang bangun shubuh, kemudian sudah langsung kerja. Insya Allah rezekinya lebih mudah.

3. Sering melakukan kemaksiatan

Melanggar apa yang Allah tentukan adalah sebuah kemaksiatan. Kemaksiatan bisa jadi salah satu penyebab terhalangnya pintu Rezeki seseorang. Coba anda instrospeksi diri, apa yang sudah anda langgar. Segeralah bertaubat dan jangan diulangi.

4. Suka berkhianat

Berkhianat artinya tidak amanah. Ketika seseorang dipercaya, kemudian dia menghianati orang lain, dia tidak amanah, maka akan berdampak ke rezekinya. Misalnya, anda dipercaya untuk dititipi barang untuk dijaga. Tapi barangnya tidak dijaga dan asal dibiarkan begitu saja. Padahal anda sudah dipercaya dan sudah diberikan amanah. Mungkin anda menganggapnya sepele, tapi akibatnya bisa fatal ke rezeki anda.

5. Rakus dan tamak dalam urusan dunia

Terakhir yang bisa menjadi sebab terhalangnya Rezeki adalah sikap rakus dan tamak dalam urusan dunia. Anda sudah dititipi rezeki sama Allah, tapi anda nggak mau menyisihkan untuk sedekah. Rezeki anda banyak, tapi saudara anda masih ada yang kekurangan. Orang tua di kampung hidup pas-pasan. Nah hati hati, Allah bisa mengambil rezeki anda secara paksa, dan menutup pintu rezeki anda.

Itulah tadi hal-hal yang harus dijauhi karena bisa menjadi penyebab terhalangnya Rezeki. Semoga kita bisa dihindarkan dari hal hal tersebut dan mendapat berkah dari Allah, serta tentunya agar rezeki selalu dilancarkan Allah amin…..